Nomofobia, Takut Hidup Tanpa Gadget

Apakah Anda adalah orang yang tidak bisa lepas dari gadget? Atau selalu merasa khawatir jika gadget jauh dari jangkauan Anda? Jika ya, berarti Anda menderita “Nomofobia”.

Nomofobia adalah ketakutan tidak bisa mengunakan gadget. Maka tak heran pengidapnya seringkali merasa harus membawa charger, merasa cemas baterai akan segera habis, bolak-balik mengecek pesan di ponsel dan bahkan tidur dengan ponsel berada dalam jangkauan tangan.

Nomofobia bisa jadi mulai tren beberapa tahun terakhir ini. Tak ada salahnya Anda memeriksa diri sendiri, jangan-jangan Anda mulai terserang hal ini.

Pada tahun 2008, tak lama setelah iPhone diluncurkan Patrick O’Neill mulai menemukan keanehan pada teman-temannya. Saat makan malam dia sampai harus meminta teman-temannya untuk meletakkan ponsel.

“Orang bahkan pergi ke toilet sebari membawa ponsel. Itu mengerikan buat saya, ” kata O’Neill.

O’Neill bekerja sebagai juru bicara kantor pos Inggris saat itu. Dia mengusulkan kantor pos untuk membuat survei tentang bagaimana perasaan manusia terhadap ponsel. Saat itu ditemukan bahwa hampir separuh warga Inggris menyatakan ketakutan jika harus hidup tanpa ponsel. O’Neill menyebut mereka sebagai nomofobia atau ketakutan tanpa perangkat mobile.

 

Baca juga: 7 Jenis Fobia yang Unik dan Langka

(Visited 82 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *