Pare, Si Pahit yang Punya Banyak Khasiat

Pare? Kebanyakan orang pasti tidak menyukai sayuran yang satu ini karena rasanya yang pahit. Namun, para pakar kesehatan dan dokter justru menyarankan kita untuk mengonsumsi pare secara rutin, karena banyak manfaat yang baik bagi kesehatan terkandung di dalamnya.

Cara menyajikan pare ada bermacam-macam, mulai dari menjadikannya jus hingga memasaknya menjadi sayur, atau bahkan menambahkannya ke dalam sup dan salad.

Berikut adalah beberapa manfaat Pare yang mungkin belum Anda ketahui:
1. Meningkatkan sistem imun

Pare diketahui dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh Anda dengan sangat baik. Anda bisa merebus pare dalam air lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin untuk melawan berbagai macam infeksi dan penyakit. Pare sangat kaya Vitamin C, yang merupakan antioksidan sangat kuat yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.
2. Mengobati penyakit pernapasan

Untuk penyakit pernapasan seperti pilek, batuk, dan bahkan asma ringan, jus pare atau pare mentah sangat dianjurkan. Jadikan kebiasaan mengonsumsi jus pare segar setiap pagi sebelum sarapan untuk hasil terbaik.
3. Mengurangi jerawat

Pare sangat baik untuk membersihkan dan mendetoksifikasi darah. Termasuk mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh dari dalam. Ini juga dapat membantu menghilangkan infeksi kulit dan darah seperti bisul, scabies, penyakit jamur, dan semacamnya.
4. Membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2

Pare mengandung phytonutrisi, polipeptida-P, yang mengandung insulin yang bisa menurunkan kadar gula darah. Ini juga bisa membentuk agen hipoglikemik yang disebut charantin yang membantu sintesis glikogen dalam darah. Inilah yang dapat membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2 dengan mengurangi kadar gula dalam darah.
5. Membantu menurunkan berat badan

Pare diketahui kaya antioksidan, ini sangat berguna membersihkan racun berlebih dari dalam tubuh yang menyebabkan kenaikkan berat badan. Mengonsumsi jus pare secara teratur telah terbukti secara efektif membantu penurunan berat badan, untuk memperoleh tubuh yang lebih langsing dan lebih sehat.
6. Mempertajam penglihatan

Pare mengandung beta karoten yang sangat berguna mengurangi infeksi mata, juga mempertajam penglihatan.
7. Mengurangi sembelit

Bagi orang yang menderita masalah perut berlanjut atau mempunyai masalah ringan dalam pencernaan usus, pare harus dimasukkan dalam menu makan mereka. Serat tersebut membantu mencerna makanan dan membantu mengatasi sembelit.
8. Mencegah penyakit jantung

Pare membantu mengurangi jumlah Kolesterol dalam tubuh yang sering memblokir dinding arteri dan menyebabkan serangan jantung. Mengonsumsi pare secara teratur baik untuk hidup bebas penyakit dan memperpanjang umur.

 

Baca juga: Manfaat Daun Kirinyuh Sebagai Obat Alternatif

(Visited 40 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *