Pelaksanaan UKG Kementerian Agama 2015

Berdasarkan surat yang ditandatangi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A memberitahukan tentang pelaksanaan UKG bagi guru Madrasah yang akan berlangsung sekitar bulan Desember 2015.


surat kemenag


Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa UKG Kemenag dilaksanakan dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk guru. UKG dilaksanakan sebagai bahan pemetaan kompetensi secara detail yang menggambarkan kondisi objektif guru, baik kompetensi pedagogiknya maupun kompetensi profesionalnya.

Peserta UKG Kementerian Agama?

UKG Kemenag 2015 tidak mengikut sertakan guru madrasah yang mengajar mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Tapi UKG Kemenag tersebut hanya diperuntukan bagi guru RA, MI, MTs, MA yang mengajar mata pelajaran selain PAI dan Bahasa, sesuai dengan bidang studi sertifikasi dan atau sesuai dengan kualifikasi akademiknya dan terdaftar di SIMPATIKA (sistem Informasi pendidik dan tenaga Kependidikan Kementerian Agama).

Apakah Guru Honorer Kemenag juga wajib mengikuti UKG?

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa guru yang masih aktif mengajar (Non PAI dan Bahasa Arab) dan terdaftar di SIMPATIKA diikut sertakan mengikuti UKG. Jadi guru honorer yang aktif mengajar juga wajib mengikuti UKG, apalagi sudah sertifikasi.

Bagaimana dengan guru yang belum memiliki NUPTK?

Ini yang kita masih belum tahu pasti. Yang jelas, peserta UKG akan ditetapkan melalui keputusan Dirgen Pendidikan Islam sebagai pelaksana UKG Kemenag 2015.


Baca juga:


(Visited 201 times, 2 visits today)

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *