Penting! Cara Mudah untuk Mengetahui Tahu Berformalin

Pidipedia.com – Tahu adalah salah satu makanan yang akrab sebagai menu sehari-hari bagi kebanyakan orang Indonesia. Selain karena harganya terjangkau, kandungan gizi tahu pun terbilang tinggi dan tidak bisa dianggap remeh.

Namun, ada saja pedagang nakal yang ingin meraup keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa mempedulikan dampak perbuatannya bagi kesehatan para konsumennya. Salah satunya adalah dengan mengawetkan tahu memakai formalin, agar tahu bisa bertahan beberapa hari lebih lama untuk dijual.

Bagaimanakah cara mengetahui tahu berformalin?

Caranya sederhana saja: tahu yang mengandung formalin akan memantul dan tidak rusak saat dijatuhkan dari ketinggian setengah meter.

Masyarakat perlu waspada apabila membeli tahu di pasar dan mendapati ada tahu yang keras, kenyal, padat dan tahan lama hingga sepuluh hari. Tahu dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan besar mengandung formalin. Tahu tanpa formalin hanya bertahan tiga hari.

Efek formalin bagi kesehatan pun bisa sangat fatal. 100 mg formalin yang masuk ke tubuh orang bisa membuat orang meninggal. Orang sehat mungkin tidak merasakan efeknya sesudah makan, tetapi untuk jangka panjangnya bisa terkena kanker dan penyakit lainnya.

Baca juga!

(Visited 124 times, 2 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *