Perbedaan Pola Tidur Pria dan Wanita Berdasarkan Jam Tubuh Biologis

Like and Share

Pidipedia.comSejak RA Kartini memperjuangkan Hak Kaum Wanita dalam Emansipasi Wanitanya, sejak saat itu pula wanita ingin di sama ratakan atau disejajarkan dengan hak kaum pria. Namun kesamaan itu tentunya tidak berluku untuk berbagai hal, terutama dari unsur bilogis ataupun kebiasaannya.

Seperti halnya pola tidur dari kaum pria dan wanita. menurut Diane Boivin, MD, direktur Pusat Studi dan Pengobatan Ritme Sirkadian di McGill University Health University Douglas Mental Institute, di antara kaum wanita, sistem ini mulai memberi sinyal tidur sekitar 2 jam lebih awal daripada pada tubuh pria.

Wanita cenderung tidur lebih dini, ritme sirkadian adalah salah satu sistem alami tubuh yang mengatur kapan Anda harus tidur dan bangun.

Wanita lebih mudah bangun sebelum alarm berbunyi, homeostasis atau dorongan untuk tidur sepanjang hari membuat waktu tidur terkontrol. Setelah beberapa jam pertama perempuan menutup mata, dorongan untuk tidur menghilang, dan dilanjutkan dengan ritme sirkadian yang tubuh Anda biasa kerjakan.

Pria tidur lebih baik, meski ritem sirkadian laki-laki membuat mereka tidur lebih belakangan daripada wanita, bukan berarti pria bisa tidur dalam waktu lebih sedikit. Tubuh mereka memang tidak dibentuk untuk bangun terlalu dini.

Pria lebih banyak bermimpi daripada wanita, bermimpi biasanya terjadi selama fase terdalam tidur yang dikenal sebagai REM. Kemampuan Anda untuk tidur tergantung pada penurunan suhu tubuh dan kadar progesteron yang lebih tinggi selama siklus menstruasi yang menyebabkan suhu tubuh wanita meningkat terutama pada malam hari.


Sudah Tau yang ini?

>>> Inilah 2 Cara Ampuh Untuk Menghentikan Mimpi Buruk Saat Tidur

>>> Orang Tua Dulu; ‘Tidur Tidak Boleh Menghadap Utara’ Inilah Alasannya!

>>> 7 Perilaku Aneh yang Sering Dilakukan Orang Saat Tidur

>>> 5 Hal yang Jangan Dilakukan Sebelum Tidur

Like and Share

(Visited 350 times, 1 visits today)

Silakan beri komentar anda!

tulis komentar . . .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares