Peringkat Sistem Pendidikan Terbaik Se Dunia, Indonesia Unggul diatas Ghana

Saat ini negara-negara dikawasan Asia mulai menunjukan kemajuan dalam berbagai bidang, sebut saja Jepang, China, Korea, Taiwan dengan Inovasi Teknologinya, belum lagi negara dari timur tengah seperti Qatar, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi dengan minyak dan obsesi pembangunan kotanya, dan negara Asia lainnya termasuk Singapura.

Berbagai kemajuan tersebut, tak lepas dari faktor Sumber Daya Manusia yang dimiliki dan keberhasilan pemerintahnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Bila kualitas pendidikan disebuah negara bagus, bisa mencetak masyarakat yang cerdas, tentunnya modal utama untuk membangun sebuah Negara maju.

Seperti yang dirilis Organisasi Kerja Sama Ekonomi Pembangunan /Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mengenai Daftar kualitas pendidikan negara anggotanya pada tahun ini yaitu:

5 Negara dengan pendidikan terbaik (versi OECD)

1. Singapura
2. Hong Kong
3. Korea Selatan
4. Jepang
5. Taiwan

wow.. dihuni oleh Negara-negara Asia.

5 Negara dengan pendidikan terburuk (versi OECD)

1. Oman
2. Maroko
3. Honduras
4. Afrika Selatan
5. Ghana

Singapura dinobatkan sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik sedunia.
Kemampuan matematika, membaca menulis, serta pengetahuan umum siswa sekolah dasar hingga usia 15. Selain itu kejutan datang masih dari Asia Tenggara yaitu Vietnam yang kini bercokol di urutan 12 dunia.
Negara-negara maju mulai dikejar oleh bangsa asal Asia. Swedia anjlok dari peringkatnya yang biasa masuk 5 besar. Demikian pula Amerika Serikat merosot ke urutan 28 disalip Vietnam.

Bagaimana dengan Indonesia?
Ketika semakin banyak negara Asia menjulang di daftar buatan OECD ini, peringkat Indonesia terus merosot hingga berada di urutan 69 dari 76 Anggota OECD, hanya unggul tujuh peringkat dari Ghana yang ada di daftar terbawah.

Sebagai perbandingan lain, Thailand berada di urutan 47 dan Malaysia berada diurutan 52. Sangat disayangkan Indonesia jauh tertinggal dari Negara serumpunnya.

Andreas Schleicher seorang Direktur Pendidikan OECD mengatakan, pemeringkatan ini dapat memberi perbandingan sistem pendidikan setiap negara.
“Sehingga setiap negara dapat menemukan kelebihan dan kekurangannya, serta melihat dampak pendidikan terhadap ekonomi dalam jangka waktu yang panjang,” ujarnya.

Apa yang menyebabkan kualitas pendidikan Negara-negara Asia Berkembang pesat?

Schleicher menyebutkan bahwa negara-negara maju Asia fokus meningkatkan kualitas pendidik.
“Negara-negara Asia tersebut pandai dalam merekrut guru-guru berbakat untuk mengajar di ruang kelas yang paling menantang, sehingga setiap siswa diberi akses ke guru-guru terbaik.”

Baca Juga : Mengenal Jenjang Pendidikan Malaysia

(Visited 753 times, 1 visits today)

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *