Rekor Baru Dunia, 12.000 Batu Empedu Bersarang di Tubuh Wanita ini

Pidipedia.com– Wanita asal India bernama Minati Mondal (51), mengalami kondisi langka yaitu menderita sakit perut yang melumpuhkan dan asam refluks selama dua bulan. Sekitar 11.950 batu empedu atau hampir mencapai 12.000 batu empedu ditemukan dalam tubuhnya. Dr Makhan Lala Saha, sebagai dokter yang menanganinya pun terkejut. Ia mengatakan jika dirinya merasa heran melihat jumlah batu yang besar yang kami ekstrak dari kandung empedu dari pasien ini.

Penyakit yang diderita Minati, dianggap sebagai rekor dunia. Dirinya dirawat di Rumah Sakit Debdoot Sevayan di Kolkata, India. Saat dilakukan pemeriksaan dengan scan, Minanti ternyata menderita sakit batu empedu yang sudah cukup parah.

Setelah dilakukan tes dan ultrasound, dokter menemukan bahwa dia menderita kasus yang parah batu empedu. Ini merupakan bola yang terbuat dari kolesterol dan garam yang terbentuk pada kandung empedu. Sedikit organ berbentuk buah pir bawah hati, yang menyimpan empedu. Namun, mereka tak berharap untuk menemukan sejumlah besar batu.


Dr Makhan Lala Saha mengatakan:  “Saya heran melihat jumlah batu yang besar yang kami ekstrak dari kandung empedu dari pasien ini. Saya tidak pernah berpikir kandung empedu bisa mengandung begitu banyak batu. Butuh asisten saya empat jam untuk menghitung jumlah batu yang antara 2mm dan 5mm dalam ukuran. Kami butuh 50 menit untuk menghapusnya.”


Jumlah ini sangat banyak dan barangkali tercatat sebagai rekor baru dunia dengan jumlah batu empedu terbanyak. Menurut Dr Saha, sebelumnya Diaa pernah mengoperasi 1110 batu empedu dalam tubuh seorang gadis. Tahun 1983, dokter di Inggris juga tercatat pernah mengangkat 3.110 batu empedu dari seorang pasien di Jerman.

Batu empedu bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat, seperti tinggi lemak. Umumnya terjadi pada usia di atas 40 tahun karena timbunan lemak sudah lebih banyak dan fungsi kantong serta cairan empedu mulai menurun.

(Visited 50 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *