Sebagai Persiapan Mengikuti Tes CPNS, Sebaiknya Kenali Dulu Sistem CAT

Pidipedia.com-Bagi kawan-kawan honorer yang sangat menantikan kabar seleksi CPNS/ASN seperti yang saat ini ramai diberitakan diberbagai media, alangkah baiknya jika kita mempersiapkan terlebih dahulu segala persyaratan berupa dokumen-dokumen yang dibutuhkan (Baca Dulu Persyaratannya). Selain persyaratan tersebut, tentunya kita juga harus mempersiapkan kemampuan teknis maupun non-teknis berupa pengetahuan untuk menjawab pertanyaan pada saat proses seleksi nanti, serta yang tak kalah penting yaitu pengetahuan tentang cara penyeleksian yang menggunakan Sistem CAT.

Apa itu Seleksi Sistem CAT? CAT atau Computer Assisted Test adalah metode seleksi yang menggunakan Software dengan alat bantu berupa komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi para peserta ujian. Perlu kita ketahui, bahwa sejak tahun 2013 lalu, tes CPNS sudah menggunakan sistem CAT. Dengan adanya sistem ini, maka pemerintah menjamin tidak akan adanya kecurangan dan memudahkan bagi para peserta tes. Tentunya sistem ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya lebih kompetitif, adil, obyektif transparan dan bebas dari KKN dan menghindari terjadinya kongkalingkong atau kecurangan lainnya.

Meskipun prosesi seleksi tidak diawasi secara ketat layaknya pada ujian di sekolah-sekolah yang masih menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), namun dijamin tidak akan ada yang saling contek. Karena butir soal yang dikerjakan akan berbeda antara satu sama lain, bahkan bisa juga soal yang diberikan akan berbeda untuk masing-masing peserta dalam suatu ruangan.

Bagaimana agar kita bisa lulus dalam seleksi sistem CAT?

Walaupun kita bisa menjawab semua soal tes dengan benar, namun kita tidak bisa mengikuti langkah-langkahnya karena kurang memahami tentang cara penggunaan komputer, maka semua pengetahuan kita akan sia-sia. Sebenarnya mudah-mudah saja untuk bisa mengikuti seleksi sistem CAT ini, tinggal kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan cara terus belajar dan membiasakan untuk selalu mengoperasikan komputer.

Asal kita menguasai kemampuan dasar mengoperasikan komputer, tentunya prosesi seleksi akan berjalan dengan lancar. Karena biasanya panitia akan menyediakan rambu-rambu atau tatacara pengerjaannya. Masalah lulus atau tidak nya, itu tergantung kemampuan dan peruntungan kita. Jadi selain belajar, jangan lupa untuk selalu berdoa.

Soal yang akan diujikan akan dibagi kedalam tiga kelompok;
1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Pada tahap ini mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Tes ini untuk menggali sejauh mana peserta tes memahami sistem tata negara di Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, pemerintahan pusat dan daerah, dan memperhatikan kembali kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan).

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Pada tahap ini akan ada 4 kemampuan yang akan diuji, yaitu:

  • Verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis,
  • Numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka,
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, serta
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada tahap ini meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptsi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan kemampuan menggerakkan orang lain.

Semua soal TKD PNS disusun oleh Panitia Pengadaan CPNS Nasional yang dibantu oleh Tim Ahli dari Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Selain TKD, juga ada Tes Kompetensi Bidang (TKB), meskipun tidak diharuskan. Adapun materi tes ini disusun oleh Instansi Pembina Jabatan Fungsional.

Kementerian PANRB pun menyediakan aplikasi CAT tersebut untuk simulasi yang tersedia di website resmi www.menpan.go.id. Kesempatan tidak akan datang dua kali, siapa bisa, dia bisa! Urungkan niat serta kemauan, bahwa kesusksesan tidak akan pergi jauh dari kita, bahkan akan terus menghampiri kita. (twi/HUMAS MENPANRB)

(Sumber: menpan.go.id)


Baca Juga:

>>> Surat Edaran MenpanRB Tentang Informasi Penerimaan ASN Daerah 2016

>>> Sebelum Daftar CPNS, Baca Dulu Persyaratannya

>>> Prosedur Pendaftaran CPNS 2016

>>> Inilah Prosedur Pengajuan Pensiun Dini Bagi PNS

(Visited 346 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *