Seperti Apa Sih Guru yang Baik? Simak Penjelasannya!

Pidipedia.com-Seorang guru yang baik adalah guru yang mengajar muridnya dengan hati. Dalam hal ini, seorang guru bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan (kognitif) kepada murid-muridnya, namun mendidik akhlaknya.

Dalam melakukan proses mendidik, tidak harus guru yang mengajar pada bidang etika atau menjadi guru Agama. Tapi, semua guru juga meski melakukannya misalnya, guru Matematika, guru IPA, guru Bahasa Indonesia, dll.

Seorang guru yang baik, tidak bersikap egois. Maksudnya, perkataannya ingin selalu didengar dan dituruti oleh siswanya. Sementara dirinya sendiri tidak mau mendengar keluhan atau pembicaraan dari para siswanya. Padahal, siswa itu sangat membutuhkan kepedulian dari gurunya untuk menyelesaikan berbagai kesulitan yang sedang dihadapi oleh siswa.

Mungkin saja, prinsip dasar ini seringkali terlupakan, sehingga kalau kita mau bicara dengan jujur. Pada masa ini, yang berdiri di depan kelas, sebagiannya mungkin saja bukan guru, melainkan seorang pengajar.

Kayanya, bagi orang awam, tak sedikit yang mengartikan jika guru dan pengajar adalah sama. Padahal sebenarnya beda. Jika pengajar merupakan seseorang yang hanya mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tanpa memerhatikan etika atau akhlak. Sementara guru, bukan hanya bertugas untuk mengajar. Melainkan juga sebagai pendidik, yang mendidik para siswanya agar memiliki akhlak atau sikap yang positif.

Seorang guru adalah seorang pemimpin. Dimana cara berpikir, sikap mental, dan prilakunya yang tercermin dalam kehidupan keseharian, baik di depan dan diluar kelas, bisa menjadi contoh teladan bagi para siswanya. Seorang yang tidak dapat memimpin diri sendiri, mustahil akan dapat menjadi seorang guru yang baik.

Pada hakekatnya, guru yang baik adalah guru yang patut digugu dan ditiru. Dalam artian, segala perilakunya harus benar-benar menunjukkan kepribadian yang baik, yang sesuai dengan kaidah Agama juga Negara.


Baca Juga!

(Visited 181 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *