Sering Sendawa? Jangan Dianggap Remeh! Ini Lho Artinya…

Pidipedia.com – Sendawa adalah suatu kebiasaan yang sudah dianggap lumrah oleh masyarakat umum. ‎Sendawa sering diasosiasikan juga sebagai suatu ekspresi kenikmatan yang diperoleh seseorang setelah ia merasa kenyang.

Namun, bila Anda terlalu sering sendawa, jangan menganggap enteng hal tersebut. Itu bisa jadi tandanya ada tidak beres dengan lambung Anda. Jika dibiarkan dan malah dibiasakan, dampaknya bisa mempengaruhi organ tubuh lainnya.

Kelemahan masyarakat kita adalah sering menganggap‎ remeh hal kecil, termasuk sendawa. Sendawa itu dianggap wajar bila setelah makan. Tapi kalau sepanjang hari sendawa, itu bisa berbahaya.

Sering sendawa menandakan bahwa asam lambung Anda tinggi. Semestinya asam lambung itu turunnya ke bawah. Bila asam lambung tinggi dan naik ke atas (tenggorokan dan mulut) maka menyebabkan sendawa dan sariawan. Selain itu, daya tahan tubuh jadi menurun sehingga mudah diserang firus flu, dan lain-lain.

Penyebab asam lambung menjadi tinggi adalah karena lambung tidak bekerja secara maksimal. Lambung bekerja mengolah makanan untuk dijadikan energi. Karena lambung tidak diisi oleh makanan, akhirnya dia memakan dinding lambung dan itulah yang membuat orang terkena penyakit maag.

Bagi yang punya penyakit maag, harus hati-hati. Jika tidak menjaga pola makan teratur, stress, kerja berlebihan, sering minum kopi, merokok, minum minuman keras, minum es, penyakit maag bisa berakibat fatal hingga bisa mengakibatkan kematian. Sebab maag bisa menyerang liver, pankreas, ginjal, dan jantung.

Jangan menganggap maag sebagai penyakit yang ringan. Kalau tidak dijaga, akibatnya bisa fatal yaitu kematian. Karena maag yang sudah akut akan membuat pankreas dan liver tidak berfungsi hingga penderita bisa muntah darah dan berak darah‎. Kalau sudah begitu tidak ada harapan lagi. Itu sebabnya, sebelum terjadi harus dicegah, caranya menjaga pola makan teratur dan istirahat yang cukup.

Maka dari itu, ketika Anda merasa terlalu sering bersendawa, segeralah berkonsultasi agar bisa ditangani secepatnya oleh dokter.

Baca juga!

(Visited 103 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *