Setelah Olahraga, Sebaiknya Mandi Air Panas atau Air Dingin?

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Minimalnya olahraga dilakukan 1 kali dalam seminggu secara rutin, baik itu berupa jalan, lari, bermain bulu tangkis, basket, futsal dan lain-lain.

Sudah menjadi suatu kepastian bila sehabis olahraga tubuh kita menjadi berkeringat, lengket dan bau. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk membersihkan keringat dan segala kotoran yang menempel ditubuh kita. Namun apakah anda tahu, setelah berolahraga maka sebaiknya mandi dengan air panas atau dengan air dingin?

Sebab ada yang mengatakan bahwa:
Mandi dengan air panas setelah berolahraga bisa membuat otot rileks?
mandi setelah olahraga
Mandi dengan air dingin setelah berolahraga dapat menyegarkan otot yang lelah?
mandi setelah olahraga
Terus mana yang benar?

Menurut penelitian yang dipublikasikan di “European Journal of Applied Physiology”, bahwa kedua cara mandi tersebut benar, ternyata mandi dengan air panas dan air dingin secara bergantian dapat mengurangi pegal-pegal akibat olahraga bila dibandingkan dengan mandi hanya dengan menggunakan air dingin atau air panas saja.

Jadi, setelah mandi dengan air panas, Anda bisa langsung mandi dengan air dingin. Begitu pula sebaliknya. Namun bila di rumah atau di gym tidak ada fasilitas tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Sebab masih dari penelitian yang sama, disebutkan bahwa air dingin lebih ampuh untuk mempercepat pemulihan otot daripada air panas.

Baca juga:
Ups! Ternyata Perempuan Lebih Rawan Mengidap Kleptomania
Ciri-Ciri Orang yang Rawan Terkena Cuci Otak

(Visited 3.128 times, 3 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *