Sudah Diet, Tapi Berat Badan Sulit Turun? Mungkin ini Penyebabnya!

Sudah mencoba berbagai program diet dan berolahraga tapi berat badan tidak juga berkurang? Bisa jadi faktornya bukan dari program diet yang dijalankan, namun faktor tersebut berasal dari pola hidup atau kebiasaan anda yang masih bermasalah. Tanpa sadar, seringkali kita melakukan beberapa kebiasaan yang membuat berat badan susah turun. Kurangnya jam tidur, stres, konsumsi garam berlebihan dapat memicu sulitnya untuk menurunkan berat badan. Anda tentu tidak mau mengorbankan usaha diet karena kebiasaan buruk itu bukan? Berikut lima alasan mengapa berat badan anda sulit turun.

1. Kurang Tidur
berat badan sulit turun
Orang yang tidurnya berkualitas, dengan kata lain memiliki jam tidur yang cukup bisa menurunkan berat badan lebih efektif dibandingkan orang yang kurang tidur. Tidur kurang dari 7-8 jam sehari akan menyulitkan tubuh mengumpulkan energi untuk beraktivitas, juga mencerna makanan. Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang mengalami lelah setiap hari, metabolisme tubuhnya akan menurun. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Metabolisme rendah, berarti kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga lebih sedikit. Inilah yang akan membuat anda susah sekali untuk menurunkan berat badan. Selain itu, orang yang menderita insomnia sering mengonsumsi makanan ringan, minum kopi di malam hari yang membuatnya menjadi lebih buruk.

Ubah rutinitas dengan pergi ke tempat tidur pada waktu yang teratur dan bangun di jam yang sama, bahkan selama akhir pekan. Jauhi kafein dan hindari menonton TV di kamar tidur Anda. Sebaliknya, bersantai dengan membaca sebelum tidur.

2. Stress
berat badan sulit turun
Ketika seseorang mengalami stress, tubuh akan memproduksi lebih banyak koristol, yang menjadi pemicu timbulnya rasa lapar. Kondisi ini mengakibatkan seseorang cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan dan tergoda dengan makanan-makanan kurang sehat yang kemudian menyebabkan bertumpuknya lemak di pinggang dan perut. Kadar korisol yang terlalu tinggi juga dapat memperlambat metabolisme.
Oleh karena itu, hindari stress dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Pilihlah makanan sehat jika anda mengalami stress. Contohnya, jika anda ingin mengkonsumsi eskrim, cobalah ganti dengan yogurt rendah lemak dengan topping buah segar.

3. Konsumsi Garam Berlebihan
berat badan sulit turun
Konsumsi garam yang berlebihan tidak secara langsung menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas. Tapi garam akan membuat anda terus merasa haus yang akirnya meningkatkan asupan cairan dalam tubuh, tubuh akan mengalami retensi cairan dan berat badan akan bertambah karena banyaknya cairan yang tertimbun. Sayangnya ketika anda didera rasa haus berkepanjangan, banyak yang lebih memilih minuman manis dan tinggi gula serta soda ketimbang air putih. Oleh karena itu, hindari atau kurangi makanan yang banyak mengandung garam, seperti junk food dan daging olahan. Biasakan menyajikan makanan hanya dengan sedikit garam. Anda bisa menggantinya dengan berbagai macam bumbu dapur seperti rempah-rempah untuk memperkaya rasa masakan. Pilih juga bahan makanan yang ‘netral’, seperti daging ayam tanpa kulit, susu skim, buah dan sayuran segar

4. Makan Sambil Berdiri
sudah diet tapi berat badan sulit turun
Cara makan ternyata memiliki andil dari jumlah kalori yang dikonsumsi. Makan sambil berdiri memang dapat menghemat waktu tetapi, menurut studi yang dilakukan oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, hal ini akan membuat jumlah kalori meningkat hingga 30%. Para peneliti berteori bahwa makan sambil berdiri secara psikologis tidak dianggap seperti “makan sesungguhnya”. Sehingga, secara tidak sadar anda akan mengonsumsi lebih banyak makanan.

5. Olahraga Dalam Keadaan Lapar
sudah diet tapi berat badan sulit turun
Berolahraga dalam keadaan lapar bukan menjadi ide yang baik untuk menurunkan berat badan. Alih-alih membakar lemak, berolahraga saat perut kosong justru akan membuat tubuh kehilangan kekuatan otot untuk membakar lebih banyak lemak. Kondisi tersebut tanpa disadari akan mengurangi intensitas olahraga yang pada akhirnya akan mengurangi total kalori yang terbakar. Jadi, makanlah 30 menit sebelum berolahraga. selain membantu menambah intensitas latihan, juga akan membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup.
(Fasya Lucky)

Baca juga:
CARA UNIK MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN MANTRA TIBET
5 MAKANAN BERLEMAK TAPI BISA BIKIN KURUS

(Visited 85 times, 1 visits today)

Comments

comments