Tahukah Kamu Bahwa Orang Indonesia Lebih Hebat Dari Orang Jepang

Pidipedia.com-Untuk saat ini Jepang memang lebih maju dari Indonesia, tapi itu belum tentu untuk hari esok atau lusa. Semua itu tergantung dari penerus-penerus bangsa, generasi muda yang akan menjadi tonggak estapet peradaban suatu bangsa.

Ada 4 hal yang harus dibanggakan dari generasi muda Indonesia yang mampu mengalahkan kecakapan generasi muda Jepang. apa saja itu?


1. Kemampuan Berbahasa Inggris

bahasa
Untuk yang satu ini, tanpa data pun terbukti bahwa anak-anak muda kita (Indonesia) lebih bagus dalam penguasaan bahasa Inggrisnya bila dibandingkan dengan anak-anak muda Jepang. Bila ingin dibuktikan, mungkin bisa dengan sampling sederhana. Coba pilih secara acak 10 anak muda Indonesia di bilangan Senayan dan 10 anak muda Jepang di daerah Shibuya. Terus ajak ngobrol dengan bahasa Inggris. Perbedaannya akan jelas.


2. Sifat petualang, berani mencoba hal baru

merantau
Merantau menjadi hal yang lazim bagi orang Indonesia terutama orang Jawa, Padang, Medan, Ambon dan lain-lain. Alasan utama rela hidup merantau tak lain yaitu untuk mencari rezeki dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tujuan merantau bukan hanya dikawasan dalam negeri saja, tapi termasuk pergi keluar negeri. Maka dari itu, kita bisa menjumpai orang Indonesia yang tinggal di berbagai Negara, baik itu pelajar maupun TKI.

Hal itu jauh berbeda dengan kebiasaan orang Jepang, ketika 400 businessman Jepang ditanya apakah mereka mau ditempatkan oleh kantornya di luar negeri, 67% menjawab tidak. Lalu, fakta lainnya, jumlah mahasiswa Jepang di luar negeri menurun stabil sejak 2008. Kenapa? Menurut para analis, anak muda Jepang sekarang semakin tidak berani mengambil tantangan, risk-averse.

Ini membuktikan keberanian mental orang Indonesia lebih bagus daripada orang Jepang.


3. Jiwa Entrepreneurship

entrepreneurship
Entrepreneurship adalah “jiwa kewirausahaan yang dibangun bertujuan untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneurship meliputi pembangunan/ pembentukan sebuah perusahaan baru, kegiatan kewirausahaan juga merupakan kemampuan managerial yang diperlukan oleh seorang entrepreneur”.

Memang benar, lebih dari 80% perusahaan Jepang adalah UKM dengan kontribusi PDB 70%. Tapi rasa-rasanya itu adalah kontribusi para generasi terdahulu Jepang.

Seperti kalau kita melihat daftar perusahaan-perusahaan multinasional asal Jepang, memang ada sangat banyak, tapi tidak ada yang berdiri setelah tahun 1946. Sedangkan raksasa-raksasa baru seperti Google, Facebook, yang banyak membentuk ekonomi sekarang adalah generasi 1990-an. Apa artinya? Generasi muda Jepang sekarang tidak sekuat generasi orang tuanya dalam hal wirausaha.

Indonesia? Tidak ada data yang akurat. Hanya saja, jika diperhatikan geliat anak-anak muda Indonesia sangat luar biasa. Mulai dari kisah Hendy Setiono dengan Baba Rafi-nya sampai Achmad Zaky dengan bukalapak.com-nya, Andrew Darwis dengan kaskus nya, dan lain-lain. Sangat kontras dengan mahasiswa-mahasiswa Jepang, yang berorientasi mencari pekerjaan setelah lulus.


4. Semangat berkontribusi

kontribusi
Generasi muda Indonesia, selalu berusaha untuk berkontribusi terhadap bangsa dan negaranya. Ini dibuktikan dengan adanya program Indonesia Mengajar. Walaupun kecil, walaupun sebatas yang bisa dilakukan tetapi anak-anak muda Indonesia bergerak dan terus bergerak untuk bangsa. Ibaratnya, dua orang Indonesia kumpul jadilah makan-makan. Tiga orang jadilah diskusi. Lima orang jadilah milis. Sepuluh orang jadilah seminar. Dan ini ada di mana-mana.

Semoga saja dengan bekal kecakapan generasi muda Indonesia sekarang, bisa membangun bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan lebih baik dari sekarang.


Baca juga:

MENGENANG KEHEBATAN TENTARA INDONESIA HINGGA DITAKUTI AUSTRALIA

(Visited 3.011 times, 3 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *