Tahukah Kamu? Ternyata 6 Makanan Sehat ini Mengandung Racun

Makan merupakan salah satu unsur dari kebutuhan primer (pokok). Kita membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tentunya makanan yang kita konsumsi harus memiliki kandungan gizi yang cukup dan juga menyehatkan.

Tetapi, selain memperhatikan kandungan gizi dan manfaat sehat yang dimilikinya, kita juga harus waspada dan mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada makanan tersebut. Terkadang makanan sehat yang sering kita konsumsi sehari-hari, ternyata mengandung racun yang bisa membahayakan tubuh kita.

Seperti halnya pada tujuh makanan sehat yang sering kita konsumsi ini, ternyata memiliki kandungan racun tersembunyi bila dikonsumsi dengan cara yang salah.
Apa saja itu? Yuk kita simak ke-6 makanan tersebut;

1. Kentang
kentang
Hati-hati bila anda menemukan kentang yang memiliki selingan warna hijau pada umbinya. Karena biasanya kentang tersebut mengandung zat glycoalkaloids. Zat tersebut bisa ditemukan pada daun, batang, dan kecambah kentang. Glycoalkaloids adalah zat beracun yang ditemukan pada bunga kecubung. Zat ini biasanya terdapat pada kentang yang dibiarkan terlalu lama terkena sinar matahari. Jika zat ini masuk dalam tubuh dapat mengakibatkan kram, diare, sakit kepala, bingung, dan koma dan bahkan berujung kematian.

2. Tuna
tuna
Ikan tuna mengandung racun? Ya, ikan lezat dan sehat ini memang mengandung racun berupa zat merkuri. Zat yang terkandung pada makanan ini memang harus diwaspadai. Itulah alasannya kenapa ikan tuna tidak direkomendasikan dikonsumsi bagi anak-anak dan wanita hamil? Karena merkuri beresiko menyebabkan kerusakan otak dan berbagai gangguan belajar lainnya.

3. Madu Mentah
madu
Madu adalah makanan yang memiliki kandungan gizi dan manfaat yang begitu banyak. Selain itu, madu juga merupakan satu-satunya makanan yang tidak pernah basi. Tetapi anda juga harus waspada dan tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsinya.
Karena tidak mengalami proses pasterurisasi,. madu mentah (yang masih berbentuk sarang tawon) ini mengandung zat grayanotoxin. Bila kita mengkonsumsi satu sendok makan madu mentah ini, maka dapat membuat kita merasa pusing, lemah, keringat berlebihan, mual hingga muntah-muntah yang terjadi selama 24 jam.

4. Singkong yang belum diolah
singkong
Siapa yang menyangka bahwa daun dan akar singkong ternyata mengandung racun sianida. Racun sianida ini memiliki efek mematikan dan telah digunakan selama ribuan tahun sebagai racun. Akan tetapi racun ini bisa hilang apa bila kita mengolahnya dengan car yang bersih dan benar. Oleh karena itu kita harus memperhatikan proses pengolahannya dan jangan sembarangan mengkonsumsi daun dan singkong yang masih mentah atau beleum diolah.

5. Kacang Mete Mentah
kacang mete
Kacang mete mentah yang kita temukan di toko bahan makanan biasanya tidak sepenuhnya mentah. Biasanya kacang mete tersebut dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan urushiol, yang juga ditemukan pada racun ivy. Zat kimia ini dapat menyebabkan gatal pada kulit, peradangan dan bahkan kulit terasa seperti terbakar. Zat ini terdapat pada kacang mete mentah.

6. Pala
pala
Pala sebenarnya adalah halusinogen. Halusinogen adalah jenis zat alami yang menimbulkan efek halusinasi yang bersifat mengubah perasaan, pikiran dan seringkali menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga berefek pada terganggunya kenyamanan perasaan. Pengonsumsian sejumlah besar pala (30gr atau 6 sendok makan per hari)dapat membuat pala yang sehat ini berubah menjadi racun yang memproduksi disorientasi.

Walaupun makanan-makanan tersebut mengandung racun yang tersembunyi, namun manfaat yang terkandung didalamnya sangat banyak. Bila kita sudah mengetahuinya, alangkah baiknya kita bisa lebih waspada untuk mengkonsumsinya. Sehingga kita bisa terhindar dari racun-racun berbahaya yang terkandung didalamnya.

Semoga Bermanfaat!

Baca juga:
SAAT HAMIL, HINDARI 5 MAKANAN INI

5 MAKANAN YANG DIANGGAP SEHAT PADAHAL TIDAK

5 MAKANAN BERLEMAK TAPI BISA BIKIN KURUS

(Visited 157 times, 1 visits today)

Comments

comments