Tahun Depan, Seleksi CPNS Bisa Diikuti Oleh Orang Berkebutuhan Khusus

Pidipedia.comKabar gembira bagi mereka yang menyandang disabilitas atau orang yang memiliki gangguan atau masalah pada fungsi tubuh atau strukturnya, seperti tuna netra (gangguan pada penglihatan), tuna daksa (cacat fisik/tubuh) dan lain sebagainya.

Pasalnya selama ini orang yang menyandang disbilitas tersebut sulit untuk mendapatkan kerja, karena terganjal dalam persyaratan kesehatan. Maka dari itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan pemerintah tidak memberikan perlakukan berbeda untuk orang berkebutuhan khusus, apalagi dalam penerimaan pegawai negeri sipil (PNS).

Seperti yang telah dilansir liputan6.com, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, hal tersebut lantaran tidak ada regulasi yang membedakan kepada orang berkebutuhan khusus.

“Saya perhatikan seksama, Insya Allah tidak diskriminasi secara umum, tidak ada kebijakan yang membedakan,” ujarnya.

Menurut Yuddy, selama memiliki kompetensi dan kemampuan setiap orang bisa menjadi PNS. Hal itu ditunjukkan pemerintah dengan memberikan tempat kepada orang kebutuhan khusus untuk menyandang sebagai PNS.

“Salah satu bukti pemerintah tidak melakukan diskriminasi kita menerima PNS yang kebutuhan khusus di DKI Jakarta. Ada guru dengan kemampuan luar biasa kita proses jadi PNS”. tuturnya.

Ke depan hal sama kita lakukan agar mereka berkebutuhan khusus tapi memiliki kemampuan lebih pada orang normal umum. Jangan dilihat sebagai orang tidak sehat. Mereka orang khusus,” jelas Yuddy.

Hal ini merupakan suatu kebijakan yang adil bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa memandang kondisi fisik. Selama orang tersebut memiliki kompetensi dan kemampuan, apa salahnya apabila dia dipekerjakan layaknya orang normal pada umumnya. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki hak yang sama, termasuk memperoleh pekerjaan.

Baca juga:

(Visited 47 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *