Terbukti, Bahwa Pemain Binaan Persib Tidak Bisa Diremehkan

Pidipedia.com–Berawal dari sebuah peraturan atau regulasi pertandingan di Turnamen Piala Sudirman 2015, bahwa setiap tim diharuskan memasukan 2 pemain muda (U-21) untuk menjadi starter. Hal itu membuat setiap pelatih tim harus mengotak-atik strategi untuk memasukan pemain mudanya kedalam skuadnya.

Ada keunikan tersendiri dibalik regulasi tersebut, yaitu PERSIB Bandung. Ya, siapa yang tak kenal dengan Persib Bandung. Sebuah tim sepak bola yang dihuni pemain-pemain bintang dan memiliki jumlah suporter ter-besar di Indonesia ini memang dikenal sebagai tim yang suka memboyong pemain bintang, tanpa memprioritaskan pemain mudanya. Hingga tidak sedikit pemain muda persib lebih memilih hengkang dan bermain di tim lain.

Hal itu jelas menimbulkan berbagai opini dari berbagai kalangan masyarakat, bahkan persib disebut tidak bisa membina pemain mudanya untuk menjadi bintang, karena hanya membeli pemain yang sudah jadi saja! Pernyataan itu jelas-jelas salah, terbukti setelah Djadjang Nurjaman selaku pelatih PERSIB Bandung mendaftarkan 3 pemain diklat Persib kedalam skuadnya di ajang turnamen Piala Sudirman. Ketiga pemain tersebut yaitu Gian Zola, Febri Hariyadi dan Sidik Permana.

Penampilan perdana pemain muda persib saat Persib Bandung menghadapi Persela Lamongan kemarin Minggu (15/11/2015), ternyata cukup menarik perhatian pecinta sepak bola Indonesia, terutama bagi bobotoh (sebutan untuk suporter Persib Bandung). Pasalnya mereka mampu bermain cantik dan menampilkan skill yang patut diacungi jempol.

Bahkan manajer Persib Umuh Muchtar mengapresiasi penampilan Gian Zola dan Febri Hariyadi saat menjalani debutnya bersama Pangeran Biru pada laga perdana Grup C Piala Jenderal Sudirman; “Saya sangat tenang dan senang melihat penampilan Febri dan Zola. Pelatih Djadjang (Nurdjaman) juga sudah melaporkan kepada saya ada harapan di masa depan untuk keduanya. Saya juga titip kepada senior, pelatih dan asisten, ini adalah aset,” kata Umuh.

Inilah profil 3 pemain muda Persib yang ikut Turnamen Piala Jendral Sudirman 2015:

1. Febri Hariyadi
pemain muda persib
Lahir di Bandung, 19 Februari 1996. Pemain ini digadang-gadang sebagai penerus winger Budiman. Di final Piala Bupati Subang 2015. Selain menyumbang satu gol dari skor akhir 4-0, Febri dinilai memberikan penampilan yang menonjol di Stadion Persikas, Subang, Sabtu (6/6/2015)

Keterampilan oleh bola Febri diasah oleh SSB POR UNI, kemudian tahun 2012 sempat bermain bersama Tim Nasional Pelajar U-15. Setelah itu mengikuti SSI Arsenal di Inggris tahun 2012. Karir sepakbolanya dimulai di Persib U-18 dan sampai sekarang bersama PERSIB U-21.

2. Sidik Permana
pemain muda persib
Pria kelahiran 10 April 1995 ini sempat menjadi bintang di ajang Hizbul Wathan (HW) Cup XIII/2015 dengan membawa tim Persib U21 lolos dari 32 besar melalui adu tendangan penalti pada 2 Agustus 2015. Dua penendang pertama Bintang Pelajar Semarang digagalkannya.

Sebelumnya, Sidik sukses menepis tendangan dua penendang Persikas dan membawa Persib U-21 menang 6-5 (0-0) pada semifinal Piala Bupati Subang 2015.

Penjaga gawang yang dipanggil Djadjang Nurjaman ini sangat dibutuhkan sebagai kiper ketiga setelah Sahar Ginanjar memutuskan pergi ke Mitra Kukar.

3. Gian Zola
pemain muda persib
Nama lengkap Gian Zola Nasrulloh Nugraha, lahir pada 5 Agustus 1998. Beberapa prestasi telah diraihnya seperti pemain terbaik Asia Pasifik dalam turnamen Manchester United Premier Cup (MUPC) 2013 di Trafford Training Centre, Carrington, Manchester, Inggris. Zola juga pernah bertemu Lionel Messi di Qatar sebagai satu dari 5 pemain muda Indonesia berbakat pilihan Indosat.

Gian Zola sebagai playmaker masa depan penerus Adjat Sudrajat dan juga Yusuf Bachtiar, selain rajin memberikan assist juga sering mencetak gol. Hal ini dibuktikan dengan menyabet gelar top skorer di Piala Suratin 2014 dengan torehan 9 gol bersama Persib U-17.

Semoga saja kedepannya Persib mampu mencetak pemain-pemain bintang, bukan hanya membeli pemain bintang saja. Buktikan pada dunia, bahwa pemain binaan Persib mampu menunjukan kelasnya.

Baca juga: PS TNI SIAP RAMAIKAN PIALA JENDERAL SUDIRMAN

(Visited 433 times, 4 visits today)

Comments

comments