Wah,, Ternyata Produk Produk ini Asli Buatan Indonesia

Pidipedia.com-Mungkin kebanyakan dari kita merasa bangga jika memiliki barang, mengkonsumsi atau memakai produk buatan luar negeri. Karena merasa lebih bergengsi dan menambah rasa percaya diri ketika digunakan bahkan dijadikan sebagai bahan pamer.

Padahal pada kenyataannya banyak produk ternama di dunia yang justru merupakan produk asli Indonesia yang tanpa disadarinya. Apa saja produk itu:


1. Lea

Produk Indonesia
Bila dilihat dari bentuk logonya, mungkin bayangan kita langsung tertuju pada Negara Adidaya (Amerika). Dengan unsur warna merah, putih, biru seperti warna bendera khas-nya serta warna hitam menunjukan paruh burung elang yang menyimbolkan lambang Negara tersebut.

Tapi siapa sangka jika Lea adalah produk asli Indonesia. Lea merupakan salah satu produksi dari perusahaan asal Indonesia yang beroperasi di Tangerang, Banten yang bernama PT Lea Sanent. Pertama kali diluncurkan sejak tahun 1976 untuk menyediakan pakaian casual, jeans serta aksesoris dengan desain dan gaya ala Amerika Latin.

Produk-produk buatan Lea tidak hanya mampu memenuhi pasaran dalam negeri saja, melainkan telah berhasil menembus negara-negara luar seperti Dubai, Korea dan Hong Kong.


2. California Fried Chicken

Produk Indonesia
Namanya sih Amerika banget, tapi ternyata merek ini merupakan produk asli Indonesia yang didirikan di Jakarta pada tahun 1983 oleh PT Pioneerindo Gourmet International Tbk (d/h PT Putra Sejahtera Pioneerindo)

Hingga saat ini, California Fried Chicken memiliki lebih dari 180 gerai di seluruh Indonesia. CFC juga menyajikan berbagai macam makanan seperti spaghetti,nasi goreng, mi goreng, ayam merica, dan masih banyak lagi.


3. Hoka-hoka bento

Produk Indonesia
Hoka Hoka Bento merupakan restoran Masakan Jepang. Tapi bukan berarti Hoka Hoka Bento merek dagang asal Jepang. Restoran ini didirikan pada tanggal 18 April 1985 oleh Hendra Arifin dibawah naungan PT Eka Bogainti yang pertama kali membuka Outletnya di Kebun Kacang, Jakarta.

Hendra tertarik mengembangkan restoran cepat saji ala Jepang karena pada saat itu belum ada di Indonesia. Meski menawarkan masakan Jepang, kepemilikan merek HokBen adalah 100% dimiliki warga negara Indonesia.


4. Barbie

Produk Indonesia
Selanjutnya adalah boneka Barbie yang di produksi di Indonesia. Boneka Barbie adalah boneka cantik yang terkenal dan terlaris di dunia. Boneka ini pertama kali diperkenalkan di American International Toy Fair pada tahun 1959. Boneka dan aksesoris mainan yang berasal dari Amerika Serikat ini, dibuat dengan ukuran skala kurang lebih 1/6 dari ukuran sesunguhnya. Dalam proses pembuatan boneka Barbie ini, ternyata hanya ada 2 pabriknya di seluruh dunia. Pabrik pertama berada di China dan pabrik kedua di Jababeka Cikarang, Jawa Barat, Indonesia.


5. Polytron

Produk Indonesia
Polytron merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia yang didirikan 16 Mei 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT. Indonesian Electronic & Engineering.

Barang yang dihasilkan oleh Polytron ialah televisi, radio dan handphone dan barang-barang elektronik lainnya. Pabriknya berada di Krapyak, Kudus dan di Sayung, Semarang.


6. GT Radial

Produk Indonesia
Benchmark tertinggi Demi Kualitas Karet bundar produksi PT Gajah Tunggal mulai menapak aspal jalan di negara-negara Timur Tengah dan Asia sejak tahun 1983, lewat ban berteknoloi bias (cross-ply) untuk kendaraan niaga seperti truk, bus dan mobil angkutan.

Baru pada tahun 1992, PT Gajah Tunggal mengekspor ban jenis radial (steel belted) dengan label GT Radial, untuk kendaraan sedan dan truk ringan sampai ke Amerika Serikat. Saat ini GT telah mengekspor ke lebih dari 80 negara di Eropa, Amerika, Timur Tengah, Asia (kecuali China), Afrika, Australia dan Selandia Baru.


7. Polygon

Produk Indonesia
Nama Polygon secara harfiah berarti “segi banyak”. Polygon adalah merek sepeda buatan Indonesia. Berdiri pada tahun 1989 dari kawasan Wadungasih Sidoarjo – Jawa Timur. Di sana terdapat sebuah pabrik sepeda yang didirikan dengan tekad menjadi pemain kelas dunia. Sejak berdiri hingga kini, jutaan sepeda telah diekspor ke lima benua dengan tujuan ekspor lebih dari 50 negara


8. J.Co

Produk Indonesia
J.Co Donut & Coffee didirikan oleh salah seorang pengusaha salon asli Indonesia bernama Johnny Andrean. Ide untuk mendirikan J.Co Donut & Coffee berawal dari kebiasaan Johnny yang sering melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat. Kala itu Johnny gemar mencicipi berbagai donat khas Amerika. Dari kegemarannya tersebut, Johnny mulai terinspirasi untuk memulai bisnis donat khas Amerika.

Dari ide bisnis donat tersebut, awalnya Johnny berniat untuk menjalin kerjasama dengan waralaba donat asli Amerika. Namun ternyata harapan tersebut tak jadi diwujudkan karena adanya keterbatasan seputar varian produk dan proses pemantauan kualitas. Akhirnya Johnny Andrean memutuskan untuk memulai bisnis donatnya secara independen.


Baca juga:

(Visited 686 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *