Tips Agar Guru Disukai Muridnya

Pidipedia.com – Menjadi guru tidaklah mudah dan butuh perjuangan. Apalagi, jika menjadi guru tersebut dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pastinya, semua guru non-PNS sangat berharap jika suatu saat nanti bisa menjadi PNS.

Terlepas dari itu semua, semua guru juga menginginkan untuk disukai dan dihormati oleh para muridnya. Agar dirinya bisa terkenang selalu di benak murid-muridnya. Oleh karena itu, kami coba untuk berbagi tentang beberapa cara agar bisa disukai oleh muridnya. Silahkan simak penjelasan tentang cara agar guru disukai oleh muridnya di bawah ini!

1. Mudah tersenyum

Murid sangat suka terhadap guru yang mudah tersenyum. Lebih menyenangkan lagi jika senyuman tersebut diselingi dengan sapaan. Guru yang jarang senyum akan terkesan sangar dan sudah pasti tidak disukai siswa.

2. Humoris

Belajar dengan serius memang harus penting. Namun, jika dalam penyampaian materi ajar yang dilakukan guru terlalu serius, maka yang terjadi adalah siswa menjadi bosan. Akibatnya tujuan pembelajaran yang telah dicanangkan bisa-bisa tidak tercapai. Selingi pembelajaran dengan humor ringan (jangan yang berat, anda bukan pelawak).

3. Menguasai bahan ajar

Mungkin saja terdapat guru yang kurang atau tidak menguasai bahan ajar.  Dengan melihat guru itu ketika menyampaikan bahan ajar di depan kelas terus bolak-balik melihat ke buku atau catatan yang ada di mejanya.

4. Berpenampilan menarik

Berpenampilan menarik, bukan harus dengan pakaian yang mahal. Namun, penampilan yang menarik itu adalah penampilan yang sopan sesuai dengan atuan dan mencirikan karakter dari seorang guru.

5. Menyampaikan materi lewat permainan

Cobalah untuk menciptakan teknik pembelajaran yang dalam cara menyampaikan materinya dilakukan melalui permainan. Namun, hal yang perlu diingan, permainan itu harus mendukung terhadap tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

6. Memeriksa setiap tugas yang telah diberikan

Periksalah setiap tugas yang Anda berikan kepada murid. Jangan pernah mengabaikan tugas yang diberikan kepada murid. Hargai jerih payah mereka dan berikan pujian juga penghargaan yang wajar kepada murid anda yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

7. Bertanggung jawab (berwibawa)

Bagian yang terakhir ini bisa jadi gampang-gampang susah karena tanggung jawab yang sudah kental biasanya agak sulit dipertahankan dan gampang mengendor. Ada guru yang tidak bertanggung jawab? Tidak! Semua guru bertanggung jawab. Tapi besar kecilnya tanggung jawab, itulah yang menjadi persoalan. Bertanggung jawablah anda pada hal-hal kecil dan besar yang anda lakukan.

Sebenarnya, masih banyak lagi cara-cara agar seorang guru bisa di sukai oleh para muridnya. selain beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Semua itu, tergantung dari karakter Anda sendiri, karena keperibadian dan gaya mengajar seseorang tidaklah sama. Bagaimana dengan anda? Setujukah jika kita sebagai guru disukai oleh murid?


Baca Juga!

(Visited 141 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *