Tips Agar Si Buah Hati Tak Gampang Sakit

Mempunyai anak yang tumbuh dengan sehat dan selalu ceria menjadi dambaan setiap orang tua. Orang tua manapun pasti sedih saat harus melihat kecerian si buah hati terenggut karena penyakit yang menyerang mereka.

Di musim penghujan, anak-anak akan lebih rentan terkena berbagai penyakit seperti diantaranya demam, flu, batuk hingga diare. Bayi dan anak-anak menjadi mudah sakit dibandingkan dengan orang dewasa dikarenakan sistem imun atau kekebalan tubuh anak-anak tidak sekuat orang dewasa.

Selain dipengaruhi oleh faktor alami, minimnya pengetahuan masyarakat untuk menjaga fasilitas umum menambah faktor penyebab mudahnya penyebaran penyakit terjadi.

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan agar si buah hati tak gampang sakit:

1. Jaga dan Perhatikan Kebersihan Anak

Kotoran dan kuman merupakan sumber penyakit yang paling umum, bahkan bibit penyakit yang terdapat pada kotoran akan dengan mudah berkembang sehingga semakin cepat menjadi sarang penyakit jika terkena tubuh dan menyebar pada tubuh.

Disinilah peran orang tua terutama ibu amat dibutuhkan. Ibu dituntut untuk sedapat mungkin menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar, serta makanan yang dikonsumsi si buah hati. Selain itu, hal yang tak kalah penting diperhatikan pada si buah hati adalah jaga kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, sebab beberapa hal tersebut adalah sumber terkecil kuman untuk menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh si bauh hati.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan

Tubuh amat membutuhkan cairan untuk menjaga segala proses didalamnya, seperti proses pencernaan dan sirkulasi darah dalam tubuh, serta proses metabolisme tubuh lainnya. Yang mana semua proses tersebut membutuhkan cairan cukup dalam tubuh untuk dapat menunjang kelangsungan proses dengan optimal.

Apabila tubuh kekurangan cairan, maka yang terjadi dengan tubuh anda adalah tubuh yang akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terserang penyakit karena proses dalam tubuh terhambat atau tidak lancar. Untuk itu, pastikan jika anda selalu memenuhi kebutuhan cairan si kecil setiap hari.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Jenis makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam porsi yang pas untuk anak-anak, maka hal ini akan membantu mereka untuk terhindar dari penyakit dan membuat sistem imunnya menjadi lebih kuat.

4. Berikan Madu

Untuk anak berusia di atas 2 tahun, orang tua bisa memberikan madu alami secara rutin sebagai obat imun untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit. Madu memiliki kandungan anti kuman, anti virus dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

 

Baca juga:

10 Tips Mengatasi Anak yang Susah Makan

5 Pemicu Stres pada Anak-anak

(Visited 27 times, 1 visits today)

Comments

comments