Tips Cepat Hamil dengan Menghitung Masa Subur Wanita

Mengetahui masa subur wanita sangatlah penting bagi para pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan keturunan. Kehamilan tidak akan terjadi jika sel telur yang sehat dan sperma yang sempurna tidak bertemu. Untuk mengupayakan pertemuan itu, seks sebaiknya dilakukan saat masa subur wanita yaitu hari ovulasi (ketika sel telur matang terlepas dari ovarium), atau beberapa hari sebelum masa subur wanita (sperma bisa hidup di dalam saluran reproduksi wanita selama beberapa hari).

Cara yang paling mudah untuk menentukan kapan Anda (wanita) mengalami masa subur adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur. Anda bisa mendapatkannya secara online ataupun dalam bentuk aplikasi pada gadget. Namun pada dasarnya penghitungan masa subur secara manual pun tidak terlalu sulit.

Menghitung masa subur mudah diketahui dari siklus menstruasi normal yaitu 28 hari. puncak masa subur biasanya terjadi sekitar 12 hari setelah haid pertama, puncak masa subur inilah presentase kehamilan setelah berhubungan dengan pasangan sangat tinggi. Sedangkan untuk masa subur biasa wanita biasanya terjadi pada tiga hari sebelum dan tiga hari setelah puncak masa subur. Kemudian 2 hari sebelum dan 3 hari sesudah masa subur kadang juga termasuk masa subur. Berikut rumus sederhananya:

kalender masa subur

H = tanggal pertama haid
H+9 hingga H+15 = masa subur
H+12 = puncak masa subur
H+19 = masa tidak subur

Bagi para wanita yang siklus haid-nya yang tidak teratur, Anda harus mempunyai catatan tentang siklus haid selama minimal 6 bulan. Untuk menentukan masa subur, siklus haid terpendek dikurangi 18 dan siklus haid terpanjang dikurangi 11, hasilnya adalah rentang masa subur Anda. Misalnya, siklus haid terpendek 25 (25-18=7) dan siklus haid terpanjang 36 (36-11=25), berarti masa subur Anda antara hari ke-7 hingga hari ke-25.

Bila Anda masih bingung dengan cara menghitung masa subur dengan sistim kalender, ada beberapa indikator yang dapat digunakan untuk memperkuat prediksi masa subur:

1. Suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh saat bangun di pagi hari. Suhu normal adalah 35,5 – 36,6 derajat celcius. Jika suhu tubuh Anda naik sedikit lebih tinggi dari angka tersebut, ini dapat berarti Anda telah mengalami ovulasi dalam 1 – 2 hari terakhir.

2. Kekentalan lendir serviks

Anda disebut berada pada masa sangat subur ketika cairan ini berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah. Cairan inilah yang akan memperlancar dan melindungi jalannya sperma menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur. Untuk melakukan tes, basahi dan rekatkan ujung jari telunjuk dan jempol anda dengan cairan lendir rahim kemudian renggangkan sekitar 2 hingga 3 cm, jika lendir tersebut tidak terputus (kental) maka kemungkinan sekitar 80% anda berada pada masa subur.

Jika ingin lebih mudah, anda dapat menentukan masa subur dengan mempergunakan alat bantu atau alat uji kesuburan yang dapat anda beli di apotek. Alat ini mirip dengan test pack, karena medianya adalah air seni wanita dengan mengukur hormon lutein yang keluar sesaat sebelum masa subur wanita. Tingkat keakuratannya mencapai 90% – 95%. Cara penggunaannya adalah dengan mencelupkan ujung detektor ke cup berisi air seni. Tunggu beberapa saat, selama 3-4 menit dan liat hasilnya.

Meskipun saat masa subur wanita presentase mendapatkan kehamilan lebih besar, namun bukan berarti Anda bisa melakukan hubungan badan secara sembarangan. Anda dapat melakukan posisi favorit Anda ketika melakukan hubungan badan, namun saat akan orgasme ubah posisi Anda dan pasangan ke posisi normal. Posisinya adalah pria di atas dan wanita telentang di bawah. Setelah melakukan hubungan badan pun Anda disarankan untuk tidak langsung bangkit dari tempat tidur. Berbaringlah selama beberapa menit agar sperma bisa lebih maksimal menuju ke dalam rahim dan diharapkan terjadi pembuahan.

Langkan ini dilakukan apabila secara keseluruhan Anda dan pasangan sehat secara jasmani (subur) namun ternyata masih belum juga bisa hamil. Dan hal ini bisa saja disebabkan Anda melakukan hubungan intim di saat tidak tepat, yaitu bukan pada masa subur. Kesimpulannya, mengetahui masa subur wanita adalah hal yang penting terutama bagi para pasangan suami istri yang sedang berupaya untuk memiliki keturunan. Anda akan menjadi lebih terbantu dalam merencanakan kehamilan dan mengevaluasi kesehatan reproduksi.


Baca Juga:

(Visited 109 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *