Tips Membedakan Jaket Kulit Asli dan Imitasi atau Tiruan

Jaket kulit memang banyak digemari kaum pria maupun wanita, terutama bagi mereka yang suka berpergian dengan menggunakan sepeda motor. Harganya pun terbilang cukup tinggi bagi masyarakat kebanyakan, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun tidak jarang pembeli tertipu oleh jaket kulit imitasi yang sekilas hampir menyerupai aslinya. Untuk membedakan apakah sebuah jaket kulit itu asli atau bukan, berikut adalah tips-tipsnya :

1. Bentuk kerutan
Salah satu cara untuk membedakan kualitas produk kulit adalah melalui bentuk kerutan. Pori-pori pada bahan kulit hewan asli terlihat besar. Namun pada kualitas tiruan atau imitasi, dicetak dengan pori-pori kecil. Cara mengetahuinya dengan cara menarik secara horizontal maupun vertikal agar dapat melihat kerutan pada bahan jaket kulit.

2. Tekstur licin
Tekstur ketika diraba menggunakan tangan juga menjadi indikator bahan tersebut imitasi atau tidak. Jika bahannya kulit imitasi maka akan terasa licin. Sementara jika kulit hewan asli, tidak terlalu licin.

3. Dibakar
Membakar bahan adalah eksperimen lain yang dapat dilakukan. Jika bahan kulit hewan asli dibakar beberapa saat, hanya akan mengkerut. Sementara jika bahan kulit imitasi, jika dibakar akan berlubang.

4. Ketebalan bahan
Ketebalan bahan jaket kulit dapat dilihat dan dirasakan. Jika bahan kulit imitasi, ketebalan tidak dapat melewati 0,5 milimeter. Sementara untuk bahan kulit asli ketebalannya berkisar dari 0,5 milimeter hingga 0,7 milimeter.

(Visited 47 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *