Tips Mencegah Penularan Penyakit TBC

Penyakit TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru, biasanya ditandai dengan gejala batuk disertai dengan dahak. Terkadang pada penderita yang mengalami TBC atau Tuberkulosis batuk berdahak dapat disertai dengan adanya bercak atau gumpalan darah segar.

Cara penularan penyakit tuberkulosis dari penderita kepada orang lain yang sehat biasanya melalui udara. Pada saat penderita TBC batuk udara di sekitarnya dapat terkontaminasi dengan doplet yang terbawa saat si penderita batuk. Penularan ini juga ditentukan oleh banyaknya virus yang dimasuk ke dalam tubuh orang sehat tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah penularan penyakit tuberkulosis.

 

1. Hindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Tips mencegah penularan penyakit Tuberkulosis yang pertama harus Anda lakukan adalah usahakan agar Anda dapat menghindari kontak langsung atau secara tidak langsung dengan penderita TBC. Jika keluarga terdekat Anda atau orang di sekitar Anda ada yang mengalami atau menderita penyakit TBC atau tuberkulosis cobalah sebisa mungkin untuk menghindari kontak langsung dengan si penderita. Mengingat penularan TBC sangat cepat melalui media udara, usahakan agar Anda selalu menggunakan masker jika sedang berada di sekitar penderita TBC. Cara ini adalah tindakan pencegahan pertama agar Anda tidak tertular penyakit TBC.
2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain itu tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan dan menjalankan pola hidup yang sehat. Ketika tubuh Anda memiliki sistem imun yang kuat dan juga kekebalan tubuh yang maksimal, tentu saja Anda tidak akan mudah terserang dan terinfeksi penyakit tidak terkecuali TBC. Tips mencegah penularan penyakit Tuberkulosis dengan menerapkan pola hidup sehat merupakan tips efektif agar tubuh Anda terhindar dan juga terjaga dari penyakit TBC yang menyerang sistem imun. Pola hidup sehat juga dapat menjadi tips mencegah dan mengobati penyakit TBC.
3. Gunakan Vaksin BCG

Penggunaan vaksin BCG adalah salah satu tindakan nyata sebagai tips mencegah penularan penyakit Tuberkulosis. Penggunaan vaksin BCG bertujuan agar Anda terhindar dari infeksi virus TBC. Biasanya vaksin ini juga telah diberikan rutin pada setiap balita. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa memiliki balita pastikan untuk tidak terlewat memberikan vaksin BCG agar sistem imun tubuh kebal dari infeksi virus TBC. Penggunaan vaksin BCG ini juga bertujuan sebagai tips mencegah penyakit Tuberkulosis dengan kasus terinfeksi TBC atau tuberkulosis yang lebih serius dan berat.
4. Hindari Menggunakan Peralatan Yang Sama

Jika salah satu keluarga Anda terjangkit penyakit TBC, usahakan agar memisahkan peralatan makanan yang si penderita gunakan dengan peralatan makan anggota keluarga lain yang sehat. Ditakutkan bakteri atau virus TBC menempel pada peralatan makan yang digunakan sehingga dapat menular dengan mudah ketika digunakan orang lain. Usahakan pula memisahkan peralatan makan penderita TBC ketika sedang mencuci piring untuk meminimalisir penularan. Tips mencegah penularan penyakit Tuberkulosis tersebut sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari infeksi.

(Visited 42 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *