Tips Mengenali Gejala Awal Stroke dengan Cepat

Stroke dapat muncul kapan saja, di mana saja dan pada siapa saja, baik saat seseorang sedang melakukan aktivitas maupun ketika sedang beristirahat. Apakah itu stroke?

Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah di otak dan dapat mengakibatkan kematian.

Pada umumnya stroke ditandai dengan timbulnya gangguan saraf (defisit neurologis) fokal atau global, yang berlangsung lebih dari 24 jam. Di Indonesia, stroke menjadi penyebab sekitar 15,4% kematian dari total kasus kematian akibat penyakit. Sebanyak 2,5% dari pasien stroke meninggal dunia, dan sisanya akan mengalami kecacatan yang beratnya bervariasi.

Untuk mengenali gejala awal stroke agar tidak terlambat melakukan pertolongan pertama, bisa kita lakukan dengan metode FAST. Apakah itu?

1. Face (wajah)

Mintalah orang yang dicurigai mengalami stroke untuk tersenyum. Perhatikan, apakah wajahnya tampak tidak simetris?

2. Arms (lengan)

Mintalah orang yang dicurigai mengalami stroke untuk mengangkat kedua lengan lurus ke depan dan menahannya untuk beberapa detik. Apakah ia hanya dapat mengangkat satu lengan saja? Bila ia dapat mengangkat kedua lengannya, apakah salah satu lengan terlihat turun?

3. Speech (bicara)

Mintalah orang yang dicurigai mengalami stroke untuk mengulang beberapa kalimat. Apakah ia mampu berbicara jelas atau terdengar pelo atau cadel? Akan lebih jelas bila kalimat yang diucapkan mengandung banyak konsonan huruf R seperti, ular melingkar-lingkar di atas pagar.

4. Time (waktu)

Seperti disebutkan sebelumnya, time is brain, setiap detik sangat berharga. Bila ditemukan salah satu gejala di atas, segera hubungi atau bawa pasien ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas penanganan stroke terpadu.

 

Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

(Visited 40 times, 1 visits today)

Comments

comments