Tips Mengetahui Gangguan Kesehatan dari Kaki Anda

Pidipedia.com – Dengan mengamati bagian tubuh tertentu, kita sebenarnya dapat mengetahui tanda-tanda ketika kesehatan kita mengalami masalah. Salah satu anggota tubuh yang bisa memprediksi kondisi tubuh secara keseluruhan adalah kaki.

Pada kaki, terdapat syaraf-syaraf yang terhubung ke seluruh bagian tubuh kita. Dengan menemukan tanda-tanda asal suatu penyakit dari kaki bisa mencegah semakin memburuknya penyakit tersebut.

Ada beberapa tes sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kondisi kesehatan kaki Anda. Berikut adalah di antaranya:

1. Perhatikan Kulit Kaki

Perhatikan apakah ada lecet atau bintik merah di kulit kaki Anda. Jika ada, berarti kesehatan anda sedang terganggu. Perhatikan juga kelembapan kaki. Jika telapak kaki terasa kering, berarti Anda dehidrasi.

2. Lakukan perawatan kaki

Memotong kuku anda secara lurus bisa mencegah kuku tumbuh ke dalam. Kultikula yang sehat, terjaga, dan tidak tumbuh berlebihan bisa memberikan perlindungan dari bakteri dan infeksi. Batu apung membantu mencegah penumpukan kulit mati dan kapalan serta membuat kulit bawah kaki menjadi sehat dengan memberikan kelembapan.

3. Cek Sirkulasi Darah di Kaki

Jari kaki yang normal berwarna pink. Jari kaki yang terlihat merah, ungu, atau mungkin biru mengindikasikan adanya infeksi, cedera, atau masalah sirkulasi darah. Temui dokter jika jari Anda mengalami perubahan warna.

Tekan kuku jempol kaki Anda sampai warnanya berubah pucat, dan kemudian lepaskan. Berapa lama warnanya akan kembali? Kalau lebih dari lima detik, berarti Anda punya masalah sirkulasi darah. Segera temui dokter.

Gosokkan penghapus pensil pada bagian atas, bawah, dan samping kaki Anda. Apakah yang Anda rasakan sama di area tersebut? Bagian bawah akan terasa geli. Tapi jika Anda tidak merasakan sesuatu yang berarti, itu mungkin tanda diabetes atau gangguan saraf dan itu harus dikonsultasikan ke dokter.

4. Cek Fleksibilitas Kaki

Coba lakukan tes ini: bisakah Anda mengambil serbet atau kelereng dengan jari kaki Anda? Jika tidak, Anda dapat memperbaiki fleksibilitas kaki dengan memijat kaki dan jari-jarinya setiap hari.

Baca juga:

(Visited 408 times, 2 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *