Tolong Sebarkan! Massa di Prancis Bakar Al-Quran dan Rusak Masjid

Pidipedia.com-Innalillahi, kabar yang sangat menyedihkan bagi umat muslim. Pasalnya, ketika libur Natal kemarin di Kota Ajaccio, Kepualauan Corsica, Prancis, sekitar 50 kitab suci umat Islam yaitu Al-Quran telah dibakar dan dibuang ke jalanan. Selain itu, Masjid pun dirusak dengan kacanya dipecahkan, dan pintunya dijebol.

Perusakan Masjid dan pembakaran Al-Quran itu dilakukan oleh sejumlah Massa yang jumlahnya bertambah hingga 300 orang. Massa itu menuntut penuntasan kasus pengeroyokan dua petugas pemadam kebakaran dan seorang polisi oleh beberapa pemuda dari kampung imigran Arab yang terjadi pada 24 Desember lalu.

unjuk rasa

Massa yang berunjuk rasa itu memadati semua jalan masuk dari dan menuju Distrik Jardins, yang penghuninya adalah kebanyakan imigran dari Arab. Dilansir dari laman Merdeka, Massa itu juga meneriakkan yel-yel rasis.


“Orang Arab enyah dari sini” atau “Rumah orang Arab bukan di negara kami!”


Dalam peristiwa itu, Wali Kota Ajaccio, Christophe Mirmand, memerintahkan kepada polisi untuk membubarkan para pengunjuk rasa sebelum terus melakukan kekerasan. Selain itu, Menteri Dalam Negeri Prancis yaitu Bernard Cazeneuve, mendesak kepada polisi untuk menangkap para pelaku yang telah merusak Masjid dan pembakaran Al-Quran.

Bahkan, Ketua Dewan Majelis Masyarakat Corsica, Jean-Guy Talamoni, telah mengecam pengeroyokan maupun perusakan masjid. Jean menilai jika peristiwa dalam pengeroyokan polisi seharusnya tidak langsung dikaitkan dengan sentimen ‘antimuslim’.


“Wilayah kami sejak abad 18 bangga merawat toleransi antar umat beragama, perusakan masjid yang terjadi kemarin membuat saya kehilangan kata-kata,” kata Talamoni.


Saat ini, polisi sedang mendalami peristiwa pengeroyokan terhadap aparat yang dilakukan oleh sekelompok pemuda yang telah menjadi pemicu kerusuhan di Ajaccio. Sejumlah berandalan setempat telah dijadikan sebagai tersangka, tetapi hasil investigasi itu masih belum diungkap ke publik.


Baca Juga!

(Visited 93 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *