Unik! Teknologi Jam Matahari Ini Dirancang Dengan Tampilan Digital

Like and Share

Pidipedia.com-Sebelum ditemukannya jam analog atau jam digital yang digunakan sebagai penunjuk waktu yang ada di era modern seperti sekarang ini, dulu manusia hanya memanfaatkan benda-benda yang tersedia untuk menentukan waktu, salah satunya yaitu dengan menggunakan jam matahari.

Jam matahari atau sundial merupakan sebuah perangkat penunjuk waktu yang sangat kuno dan sederhana yang menunjukkan waktu berdasarkan pergerakan matahari. Sejauh ini tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan perangkat ini dibuat, namun jam matahari tertua yang pernah ditemukan kebanyakan berasal dari Yunani sekitar 340 SM. Beberapa artefak jam matahari lain ditemukan, di Tivoli, Italia tahun 1746, di Castel Nuovo dan Rigano tahun 1751, dan di Pompeii tahun 1762.

Jam matahari

Cara kerja jam matahari yaitu dengan memanfaatkan bayangan yang menimpa permukaan datar yang ditandai dengan simbol-simbol waktu dalam suatu hari. Namun seiring dengan perubahan atau pergeseran posisi matahari, waktu yang ditunjukkan oleh bayangan pun turut berubah. Jadi peletakan jam matahari harus disesuaikan dengan posisi matahari yang sedang terjadi saat ini, sehingga waktu yang ditunjukan oleh bayangannya pun akan sesuai. kelemahan dari jam matahari yaitu tidak bisa digunakan pada malam hari.

Namun bagaimana jika jam matahari dibuat dengan tampilan seperti jam digital?

Saat ini sebuah penemuan menakjubkan tentang pengembangan jam matahari digital dengan nama “Mojoptix”. Alat ini dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menunjukan waktu berdasarkan bayangan matahari layaknya seperti jam matahari tradisional. Namun yang membedakannya adalah bayangan yang dihasilkannya tersebut mampu menampilkan angka-angka yang menunjukan waktu seperti yang terdapat pada jam digital modern seperti sekarang ini.jam matahari digitalInilah penampakan jam matahari digital sebelum di rakit, jam ini tanpa menggunakan batre,tanpa motor penggerak dan tanpa listrik.

jam matahari digital

Layaknya jam matahari tradisional, alat ini hanya akan bekerja pada siang hari, dimana waktu yang paling akurat ditunjukan yaitu sekitar pukul 10:00 hingga 16:00.

Untuk melihat cara kerja selengkapnya dari jam tersebut, silahkan lihat video berikut:

(sumber: mymodernmet.com)


Baca Juga:

Like and Share

(Visited 480 times, 1 visits today)

Silakan beri komentar anda!

tulis komentar . . .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares