Wow, Mulai Tahun 2016 PNS Terima Gaji-14

Kabar baik datang bagi para abdi negara di tahun 2016, yaitu PNS bakal mendapat 14 kali gaji selama setahun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata diam-diam memanjakan PNS, yaitu selain gaji-13, PNS juga bakal menerima gaji-14 yang akan diterima tiap menjelang Hari Raya atau bisa dikatakan sebagai Tunjangan Hari Raya (THR).

Kebijakan pemberian THR ini diutarakan Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro usai pembacaan nota keuangan dan R‎APBN. Rencananya mulai diberlakukan tahun depan. “Ya, tahun depan PNS akan mendapatkan THR,” ujar Bambang di Jakarta.

Mulai tahun depan para pegawai pemerintah akan menerima THR di luar gaji ke-13. Sehingga, tahun 2016, PNS bakal mendapat 14 kali gaji selama setahun. “Kalau dihitung top lah, lebih besar dari kenaikan inflasi,” ujarnya.

Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani menambahkan, pemberian THR di luar gaji ke-13 tersebut, besarannya disesuaikan dengan besaran gaji pokok selama sebulan. Menurut dia, metode tersebut lebih efisien dibanding menaikkan gaji PNS. “Karena tidak ada resiko unfunded ke Taspen (kekurangan dana di Taspen untuk menutupi pensiun), sehingga jangka panjanganya lebih murah. Itu membantu riil income-nya PNS,” ujarnya di gedung BKPM, seperti dilansir JPNN (Grup Manado Post).

Askolani menuturkan, di samping PNS, para pensiunan nantinya juga bakal menikmati THR tersebut, meski tidak full jumlahnya. Sebab, pemerintah juga harus menyesuaikan kemampuan fiskal yang ada. “Insya Allah (ada THR) tapi tidak penuh, karena kemampuan fiskal terbatas. Selama ini pensiun kalau naik gapok (gaji pokok) tidak setinggi PNS, tapi sudah lumayan untuk membantu pensiun juga,” katanya.(jpnn) –
(manadopostonline)

Baca juga:
SELANJUTNYA, TUNJANGAN SERTIFIKASI DIBERIKAN BERDASARKAN KINERJA GURU
PENDAFTARAN CPNS 2016 AKHIRNYA RESMI DIBUKA

(Visited 136 times, 1 visits today)

Comments

comments